Gambar Kebakaran Hutan Amazon
Sabtu, 12 Oktober 2019
Silabus Geografi Kelas 10 Ganjil dan Genap
SILABUS
GEOGRAFI
SEKOLAH MENENGAH ATAS
Kelas X
Alokasiwaktu 3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Inti:
·
KI-1
dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi
secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga,
sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan
regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1. Memahamipengetahuandasargeografidanterapannyadalamkehidupansehari-hari
|
PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI
·
Ruang
lingkup pengetahuan geografi.
·
Objek studi dan aspek geografi.
·
Konsep
esensial geografi dan contoh
terapannya.
·
Prinsip
geografi dan contoh terapannya.
·
Pendekatan
geografi dan contoh terapannya.
·
Keterampilan geografi.
|
· Mencari informasi tentang
konsep, objek, dan ruang lingkup geografi melalui berbagai sumber/media
· Menunjukkan objek dan aspek geografi pada peta yang
memperlihatkan penerapankonsep dan prinsip geografi
· Menganalisis hubungan antara suatu objek dengan objek
lainnya di permukaan bumi
· Mempresentasikan tulisan tentang ruang lingkup pengetahuandanketerampilangeografi yang
dilengkapicontohdalamkehidupansehari-hari
|
4.1. Menyajikancontohpenerapanpengetahuandasargeografipadakehidupansehari-haridalambentuktulisan
|
||
3.2. Memahamidasar-dasarpemetaan, PengindraanJauh,
danSistemInformasiGeografis (SIG)
|
PENGETAHUAN DASAR PEMETAAN
·
Dasar-dasar pemetaan, pengindraan jauh, dan sistem informasi geografis.
·
Jenispetadanpenggunaannya.
·
JeniscitraPengindraanJauhdaninterpretasicitra.
·
Teoripengolahan data
dalamSistemInformasiGeografis (SIG).
|
·
Mengamatipeta, citrapengindraanjauh,
danhasilSistemInformasiGeografisuntukmendapatkaninformasi geografis
·
Mendiskusikandanmembuatlaporantentanghasilinterpretasipeta, citra pengindraan jauh, dan Sistem Informasi
Geografis
·
Praktikmembuatpetatematiktentangwilayahprovinsi
di daerahnya
|
|
||
4.2. Membuatpetatematikwilayahprovinsidan/atausalahsatupulau di
Indonesia berdasarkanpetarupaBumi
|
||
3.3. Memahamilangkah-langkahpenelitianilmugeografidenganmenggunakanpeta
|
LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN
GEOGRAFI
·
Mengamatifenomenageografis.
·
Merumuskanpertanyaanpenelitiangeografi.
·
Mengumpulkansertamengolah
data geografis.
·
Menganalisis data
geografis.
·
Membuatlaporanpenelitian.
|
· Melakukan penelitian geografi sederhana dengan
langkah-langkah penelitianilmiahsesuaidengan temapenelitian yang ditentukanoleh guru
dan/ataupesertadidik.
· Menyajikan hasil laporan penelitian geografi sederhana
dilengkapi peta, tabel, grafik, foto, dan/atau video.
|
4.3. Menyajikanhasilobservasilapangandalambentukmakalah yang
dilengkapidenganpeta, bagan, gambar, tabel, grafik, foto, dan/atau video
|
||
3.4. Menganalisisdinamika planet Bumisebagairuangkehidupan
|
BUMI SEBAGAI RUANG KEHIDUPAN
·
Teori
pembentukan
planet Bumi.
·
Perkembangankehidupan
di Bumi.
·
Dampak
rotasi dan revolusi Bumiterhadapkehidupan di
Bumi.
|
· Mengamati proses pembentukan planet Bumimelaluiberbagaisumber/media
· Berdiskusi tentang gerakdankedudukanMatahari, Bulan, danBumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan
· MenyampaikanlaporanhasildiskusitentanggerakdankedudukanMatahari, Bulan, danBumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan dilengkapi peta, gambar,
tabel, grafik, foto, dan/atau video
|
4.4. Menyajikankarakteristik planet
Bumisebagairuangkehidupandenganmenggunakanpeta, bagan, gambar, tabel, grafik, foto,
dan/atau video
|
||
3.5. Menganalisisdinamikalitosferdandampaknyaterhadapkehidupan
|
DINAMIKA LITOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN
·
Karakteristik
lapisan-lapisanBumi.
·
Proses
tektonisme dan pengaruhnyaterhadapkehidupan.
·
Proses
vulkanisme dan pengaruhnyaterhadapkehidupan.
·
Proses
seisme dan pengaruhnyaterhadapkehidupan.
·
Proses
tenagaeksogen
dan pengaruhnyaterhadapkehidupan.
·
Pembentukantanahdanpersebaranjenistanah.
·
Pemanfaatandankonservasitanah.
·
Lembaga-lembaga yang
menyediakandanmemanfaatkan data geologi di Indonesia.
|
· Mengamatigambar, peta, foto, dan/ataumenyaksikan tayangan video tentang dinamikalitosferdandampaknyaterhadapkehidupan
· Mendiskusikan dan membuat laporan tentang dinamikalitosferdandampaknyaterhadapkehidupan
· Mengenalimasalahdanmengajukansolusitentangdampakdinamikalitosferterhadapkehidupandilengkapipeta,
gambar, tabel, grafik, video, dan/atauanimasi
|
4.5. Menyajikanproses dinamikalitosferdenganmenggunakanpeta, bagan, gambar,
tabel, grafik, video, dan/atauanimasi
|
||
3.6. Menganalisisdinamikaatmosferdandampaknyaterhadapkehidupan
|
DINAMIKA ATMOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN
·
Karakteristiklapisan-lapisanatmosferBumi.
·
Pengukuran
unsur-unsur cuaca dan interpretasi
data cuaca.
·
Klasifikasitipeiklimdanpolaiklim global.
·
Karakteristikiklim di Indonesia danpengaruhnya terhadap aktivitasmanusia.
·
Pengaruh perubahan iklim globalterhadapkehidupan.
·
Lembaga-lembaga yang menyediakandanmemanfaatkan
data cuacadaniklim di Indonesia.
|
· Mengamatidinamikaatmosfierdandampaknyaterhadapkehidupanmelaluiberbagaisumber/media
· Melakukankunjungankestasiunmeteorologi yang ada di lingkungan sekitar
· Berdiskusitentang
dinamikaatmosferdandampaknyaterhadapkehidupan
· Menyampaikanlaporanhasildiskusitentangdinamikaatmosferdandampaknyaterhadapkehidupandilengkapipeta,
gambar, tabel, grafik, video, dan/atauanimasi
· Praktikmembuatpetapersebarancurahhujan di propinsisetempat
|
4.6. Menyajikan proses dinamikaatmosfermenggunakanpeta, bagan, gambar, tabel,
grafik, video, dan/atauanimasi
|
||
3.7. Menganalisisdinamikahidrosferdandampaknyaterhadapkehidupan
|
DINAMIKA HIDROSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN
· Siklus hidrologi.
· Karakteristikdandinamikaperairanlaut.
· Persebarandanpemanfaatan biota laut.
· Pencemarandankonservasiperairanlaut.
· Potensi, sebaran, dan pemanfaatanperairandarat.
· Konservasi air tanahdan Daerah Aliran Sungai (DAS).
·
Lembaga-lembaga yang menyediakandanmemanfaatkan
data hidrologi di Indonesia.
|
· Mengamatigambar, foto, dan/ataumenyaksikan tayangan video tentang dinamikahidrosferdandampaknyaterhadapkehidupan
· Melakukankunjungankelembaga yang
terkaitdenganpengelolaansumberdaya air
· Mendiskusikan dan membuat laporan tentang dinamikahidrosferdandampaknyaterhadapkehidupan
· Menyampaikanlaporanhasildiskusitentangdinamikahidrosferdandampaknyaterhadapkehidupandilengkapipeta,
gambar, tabel, grafik, video, dan/atauanimasi
· Membuat model 3 dimensidaerahaliransungai (DAS)
|
4.7. Menyajikan proses dinamikahidrosfermenggunakanpeta, bagan, gambar,
tabel, grafik, video, dan/atauanimasi
|
Langganan:
Postingan (Atom)