RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/Ganjil
Materi Pokok
: Pengetahuan Dasar Geografi
Alokasi
Waktu : 6
Minggu x 3 Jam pelajaran 45 Menit
A.
Kompetensi
Inti
·
KI-1
dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1 Memahami pengetahuan dasar geografi dan
terapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Mendefinisikan
tentang ruang lingkup pengetahuan geografi
·
Mengidentifikasikan
tentang objek studi dan aspek geografi
·
Mengidentifikasi
objek studi geografi
·
Mengidentifikasi
prinsip-prinsip geografi
·
Mengidentifikasi
aspek-aspek geografi
·
Mendeskripsikan
tentang konsep esensial geografi dan
contoh terapannya
·
Mendeskripsikan
aspek-aspek geografi
·
Mengklasifikasikan
tentang konsep, objek, dan ruang lingkup geografi
·
Mencari
informasi tentang konsep, objek, dan ruang lingkup geografi melalui berbagai sumber/media
·
Menemukan
data dan informasi tentang prinsip geografi dan contoh terapannya
·
Mengeksprolasi
temuan data dan informasi tentang prinsip geografi dan contoh terapannya
·
Menunjukkan
objek dan aspek geografi pada peta yang memperlihatkan penerapan konsep dan
prinsip geografi
·
Mentabulasikan
hasil eksprolasi data dan informasi tentang pendekatan geografi dan contoh
terapannya
·
Menganalisis
tabulasi data dan informasi tentang pendekatan geografi dan contoh terapannya
·
Menganalisis
hubungan antara suatu objek dengan objek lainnya di permukaan bumi
·
Menguraikan
hasil analisa data dan informasi tentang hubungan antara suatu objek dengan
objek lainnya di permukaan bumi
·
Menguraikan
konsep geografi
·
Menguraikan
perkembangan ilmu geografi
·
Mengasosiasikan
uraian data dan informasi tentang hubungan antara suatu objek dengan objek
lainnya di permukaan bumi
·
Merumuskan
ruang lingkup kajian geografi
·
Menjelaskan
metode/pendekatan geografi
·
Menjelaskan
perbedaan prinsip-prinsip geografi
·
Menjelaskan
perbedaan aspek-aspek geografi
·
Menyimpulkan
hasil asosiasi data dan informasi tentang hubungan antara suatu objek dengan
objek lainnya di permukaan bumi
·
Memberikan
contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengaplikasikan
metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
·
Menerapkan
prinsip geografi dalam kajian gejala geosfer
|
4.1 Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar
geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan
|
·
Memverifikasi
kesimpulan data dan informasi tentang hubungan antara suatu objek dengan
objek lainnya di permukaan bumi
·
Mempresentasikan
hasil verifikasi data tentang keterampilan geografi
·
Mempresentasikan
tulisan tentang ruang lingkup pengetahuan dan keterampilan geografi yang
dilengkapi contoh dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengkomunikasikan
hasil analisisnya dalam bentuk tulisan yang dilengkapi dengan gambar, tabel,
atau grafik yang mendukung gagasan yang ditulis
·
Menyampaikan
hasil kesimpulannya tentang ruang lingkup pengetahuan geografi, konsep
esensial geografi, obyek studi, prinsip, pendekatan, dan aspek geografi di
depan kelas
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1. Mendefinisikan ruang lingkup pengetahuan geografi
2. Mengidentifikasikan objek studi dan aspek geografi
3. Mengidentifikasi objek studi geografi
4. Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
5. Mengidentifikasi aspek-aspek geografi
6. Mengklasifikasikan tentang konsep, objek, dan ruang lingkup geografi
7. Menganalisis hubungan antara suatu objek dengan objek lainnya di permukaan
bumi
8. Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang hubungan antara suatu
objek dengan objek lainnya di permukaan bumi
9. Menguraikan konsep geografi
10. Menguraikan perkembangan ilmu geografi
11. Mengasosiasikan uraian data dan informasi tentang hubungan antara suatu
objek dengan objek lainnya di permukaan bumi
12. Merumuskan ruang lingkup kajian geografi
13. Menjelaskan metode/pendekatan geografi
14. Menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi
15. Menjelaskan perbedaan aspek-aspek geografi
16. Memberikan contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari
17. Mengaplikasikan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
18. Menerapkan prinsip geografi dalam kajian gejala geosfer
19. Mempresentasikan tulisan tentang ruang lingkup pengetahuan dan keterampilan
geografi yang dilengkapi contoh dalam kehidupan sehari-hari
20. Mengkomunikasikan hasil analisisnya dalam bentuk tulisan yang dilengkapi
dengan gambar, tabel, atau grafik yang mendukung gagasan yang ditulis
21. Menyampaikan hasil kesimpulannya tentang ruang lingkup pengetahuan
geografi, konsep esensial geografi, obyek studi, prinsip, pendekatan, dan aspek
geografi di depan kelas
D.
Materi Pembelajaran
Pengetahuan Dasar Geografi
· Ruang lingkup pengetahuan geografi.
· Objek studi dan
aspek geografi.
· Konsep esensial geografi dan contoh terapannya.
· Prinsip geografi dan contoh terapannya.
· Pendekatan geografi dan contoh
terapannya.
· Keterampilan geografi.
Fakta : Ruang lingkup
pengetahuan geografi
Konsep : Konsep esensial
geografi dan contoh terapannya
§ Pengertian geografi
§ Perkembangan ilmu geografi
§ Konsep esensial geografi
Obyek studi Geografi
Prinsip : Prinsip
geografi dan contoh terapannya
·
Prinsip
persebaran
·
Prinsip timbal
balik
·
Prinsip korologi
·
Prinsip
penggambaran
Prosedur : Pendekatan
geografi dan contoh terapannya
·
Metode/pendekatan
keruangan
·
Metode/pendekatan
kompleks kewilayahan
·
Metode/pendekatan
ekologi
Aspek Geografi
·
Aspek fisik
(alamiah): gejala-gejala alam yang timbul
·
Aspek sosial
(kehidupan): dengan segala interaksi, penyebaran, maupun relasinya
E. Metode
Pembelajaran
1) Pendekatan
:
Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media Pembelajaran
Media :
Ø Worksheet atau lembar
kerja (siswa)
Ø lembar penilaian
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Ø Manusia dalam lingkungan: guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Alat/Bahan :
Ø Penggaris,
spidol, papan tulis
Ø Laptop
& infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
Ø Komputer.
G. Sumber Belajar
Ø Buku
Geografi Siswa Kelas X, Kemendikbud, tahun 2013
Ø Pengalaman
peserta didik dan guru
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
|
Pertemuan
Ke-1 (3 x 45 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru
:
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
Ruang
lingkup pengetahuan geografi
|
|||
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
||
Pemberian
Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN
LITERASI
|
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Ruang lingkup pengetahuan geografi dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar
kerja materi Ruang lingkup pengetahuan geografi
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Ruang lingkup pengetahuan geografi untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Ruang lingkup pengetahuan geografi
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Ruang lingkup pengetahuan
geografi
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian
materi Ruang lingkup pengetahuan geografi oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
|
|||
Ruang
lingkup pengetahuan geografi
|
|||
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
|
||
Ruang
lingkup pengetahuan geografi
|
|||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN
LITERASI
|
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati
dengan seksama materi Ruang lingkup pengetahuan geografi yang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan
mencoba menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
||
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Ruang lingkup pengetahuan geografi yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Ruang lingkup pengetahuan geografi yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
|
||
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Ruang lingkup pengetahuan geografi yang
telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
|||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Ruang lingkup pengetahuan geografi
|
|||
→
|
Mengumpulkan
informasi
|
||
Mencatat
semua informasi tentang materi Ruang lingkup pengetahuan geografi yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan
ulang
|
||
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Ruang lingkup pengetahuan geografi sesuai dengan pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling
tukar informasi tentang materi :
|
||
Ruang
lingkup pengetahuan geografi
|
|||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
:
|
|||
→
|
Berdiskusi
tentang data dari Materi :
|
||
Ruang
lingkup pengetahuan geografi
|
|||
→
|
Mengolah
informasi dari materi Ruang lingkup pengetahuan geografi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Ruang lingkup pengetahuan
geografi
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
Ruang
lingkup pengetahuan geografi
|
|||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Ruang
lingkup pengetahuan geografi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
Ruang
lingkup pengetahuan geografi
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Ruang lingkup pengetahuan geografi dan ditanggapi
oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya
atas presentasi tentang materi Ruang
lingkup pengetahuan geografi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
|||
Ruang
lingkup pengetahuan geografi
|
|||
→
|
Menjawab
pertanyaan tentang materi Ruang
lingkup pengetahuan geografi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Ruang lingkup pengetahuan geografi yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Ruang
lingkup pengetahuan geografi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan
: Selama pembelajaran Ruang lingkup
pengetahuan geografi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur,
tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta
didik :
|
|||
●
|
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Ruang lingkup pengetahuan geografi yang
baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Ruang lingkup pengetahuan geografi yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru
:
|
|||
●
|
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Ruang lingkup pengetahuan
geografi
|
||
●
|
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Ruang lingkup pengetahuan geografi kepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baik.
|
1. Teknik
Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan
perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh
instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
Soenarto
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS :
Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ :
Tanggun Jawab
• DS :
Disiplin
Catatan
:
1. Aspek
perilaku dinilai dengan kriteria:
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Cukup
25 =
Kurang
2. Skor
maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap
= jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai
/ predikat :
75,01 – 100,00 =
Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 =
Baik (B)
25,01 – 50,00 =
Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di
atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru
kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan
dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru
hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini,
menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian
yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh
format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta
mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
250
|
62,50
|
C
|
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap
anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
50
|
||||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat
kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
50
|
||||
4
|
...
|
100
|
Catatan :
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap
= (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai
/ predikat :
75,01 – 100,00 =
Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 =
Baik (B)
25,01 – 50,00 =
Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di
atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik
untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru
telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan
juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya
:
Nama yang diamati :
...
Pengamat :
...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
450
|
90,00
|
SB
|
|
2
|
Memberikan solusi terhadap
permasalahan.
|
100
|
||||
3
|
Memaksakan pendapat sendiri
kepada anggota kelompok.
|
100
|
||||
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
||||
5
|
...
|
50
|
Catatan :
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan
untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap
= (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai
/ predikat :
75,01 – 100,00 =
Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 =
Baik (B)
25,01 – 50,00 =
Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal
(Lihat lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
-
Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek
Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|||||||
2
|
Pelafalan
|
|||||||
3
|
Kelancaran
|
|||||||
4
|
Ekspresi
|
|||||||
5
|
Penampilan
|
|||||||
6
|
Gestur
|
-
Penugasan (Lihat
Lampiran)
Tugas
Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa
mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah
dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada
instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan
pertanyaan
|
||||
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
||||
3
|
Kesesuaian penggunaan tata
bahasa
|
||||
4
|
Pelafalan
|
Kriteria
penilaian (skor)
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
Cara
mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor
maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
||||
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
||||
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
||||
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
Keterangan :
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
-
Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik,
seperti catatan, PR, dll
Instrumen
Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
2. Instrumen
Penilaian (terlampir)
a.
Pertemuan
Pertama
b.
Pertemuan
Kedua
c.
Pertemuan
Ketiga
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang
belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan
soal tambahan misalnya sebagai berikut :
1)
Jelaskan
tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2)
Jelaskan
tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga
Pemerintah Non Kementerian!
3)
Jelaskan
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan
Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi
Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD /
Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan Remedial
|
Nilai Setelah Remedial
|
Keterangan
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
dst
|
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat
agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1)
Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.
2)
Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3)
Membaca surat kabar, majalah, serta berita online tentang
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara
4)
Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan
sekitar.
……………,
Juli 2019
Mengetahui
Kepala MAN 2 Banggai Guru
Mata Pelajaran
H. Bustan Endre,S.Ag.MM Jumawati Habia,S.Pd
NIP.
Catatan Kepala Sekolah
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar