RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : MAN 2 Banggai
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/Ganjil dan Genap
Materi Pokok
: Bumi sebagai Ruang Kehidupan
Alokasi
Waktu : 4
Minggu x 3 Jam pelajaran 45 Menit
A.
Kompetensi
Inti
·
KI-1
dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
·
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.4. Menganalisis dinamika planet
Bumi sebagai ruang kehidupan
|
· Mengamati
proses pembentukan planet Bumi melalui berbagai sumber/media
· Mendefinisikan
tentang proses pembentukan planet Bumi melalui berbagai sumber/media
· Mengidentifikasikan
tentang proses pembentukan planet Bumi melalui berbagai sumber/media
· Mengidentifikasi
proses terjadinya, bentuk, dan sifat anggota Jagat Raya
· Mengidentifikasi
karakteristik lapisan bumi
· Mendeskripsikan
tentang teori pembentukan planet Bumi
· Mendeskripsikan
pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya
· Mendeskripsikan
pengertian dan proses terjadinya Tata Surya
· Mendeskripsikan
Matahari sebagai pusat Tata Surya
· Mendeskripsikan
sejarah pembentukan bumi
· Mengklasifikasikan
tentang teori pembentukan planet Bumi
· Menemukan
data dan informasi tentang teori pembentukan planet Bumi
· Mengeksprolasi
temuan data dan informasi tentang teori pembentukan planet Bumi
· Mentabulasikan
hasil eksprolasi data dan informasi tentang dampak rotasi dan revolusi Bumi
terhadap kehidupan di Bumi
· Menganalisis
tabulasi data dan informasi tentang dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap
kehidupan di Bumi
· Menganalisis
teori tektonik lempeng
· Menguraikan
hasil analisa data dan informasi tentang dampak rotasi dan revolusi Bumi
terhadap kehidupan di Bumi
· Mengasosiasikan
uraian data dan informasi tentang dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap
kehidupan di Bumi
· Berdiskusi
tentang gerak dan kedudukan Matahari, Bulan, dan Bumi, serta pengaruhnya
terhadap kehidupan
· Menyimpulkan
hasil asosiasi data dan informasi tentang gerak dan kedudukan Matahari,
Bulan, dan Bumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan
· Menjelaskan pandangan
manusia mengenai Jagat Raya
· Menjelaskan
satuan jarak di Jagat Raya
· Menjelaskan
teori-teori tentang Tata Surya
· Menjelaskan
Planet sebagai anggota Tata Surya
· Menjelaskan
perkembangan bentuk muka bumi
|
4.4. Menyajikan karakteristik
planet Bumi sebagai ruang kehidupan dengan menggunakan peta, bagan, gambar, tabel, grafik, foto,
dan/atau video
|
· Memverifikasi
kesimpulan data dan informasi tentang gerak dan kedudukan Matahari, Bulan,
dan Bumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan
· Memverifikasi
tentang teori penciptaan planet bumi, karakteristik perlapisan bumi, dan
sejarah kehidupan serta kelayakan planet bumi untuk kehidupan
· Memverifikasi
pengaruh rotasi bumi terhadap perbedaan waktu di bumi dan pengaruh revolusi
bumi terhadap pergiliran musim tahunan
· Memverifikasi hubungan teori pergeseran benua dengan pembentukan daratan
dan samudera dalam kala geologi
tertentu
· Mempresentasikan
hasil verifikasi data tentang gerak dan kedudukan Matahari, Bulan, dan Bumi,
serta pengaruhnya terhadap kehidupan
· Menyampaikan
laporan hasil diskusi tentang gerak dan kedudukan Matahari, Bulan, dan Bumi,
serta pengaruhnya terhadap kehidupan dilengkapi peta, gambar, tabel, grafik, foto, dan/atau video
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1. Memahami proses pembentukan planet Bumi melalui berbagai sumber/media
2. Memahami proses terjadinya, bentuk, dan sifat anggota Jagat Raya
3. Memahami karakteristik lapisan bumi
4. Memahami teori pembentukan planet Bumi
5. Memahami pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya
6. Memahami Matahari sebagai pusat Tata Surya
7. Mendeskripsikan sejarah pembentukan bumi
8. Menganalisis teori tektonik lempeng
9. Menjelaskan pandangan manusia mengenai Jagat Raya
10. Menjelaskan satuan jarak di Jagat Raya
11. Menjelaskan teori-teori tentang Tata Surya
12. Menjelaskan Planet sebagai anggota Tata Surya
13. Menjelaskan perkembangan bentuk muka bumi
14. Memverifikasi kesimpulan data dan informasi tentang gerak dan kedudukan
Matahari, Bulan, dan Bumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan
15. Memverifikasi tentang teori penciptaan planet bumi, karakteristik
perlapisan bumi, dan sejarah kehidupan serta kelayakan planet bumi untuk
kehidupan
16. Memverifikasi pengaruh rotasi bumi terhadap perbedaan waktu di bumi dan
pengaruh revolusi bumi terhadap pergiliran musim tahunan
17. Memverifikasi hubungan teori pergeseran benua dengan pembentukan daratan
dan samudera dalam kala geologi tertentu
18. Mempresentasikan hasil verifikasi data tentang gerak dan kedudukan
Matahari, Bulan, dan Bumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan
19. Menyampaikan laporan hasil diskusi tentang gerak dan kedudukan Matahari,
Bulan, dan Bumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan dilengkapi peta, gambar, tabel, grafik, foto, dan/atau video
D. Materi
Pembelajaran
BUMI SEBAGAI RUANG KEHIDUPAN
·
Teori pembentukan planet Bumi.
·
Perkembangankehidupan di
Bumi.
·
Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi.
1.
Fakta:
-
Jagat Raya
-
Satuan ukuran
jarak Jagat Raya
-
Anggota Jagat
Raya
-
Tata Surya
-
Matahari
-
Bagian-bagian
Matahari
-
Planet
-
Bulan
-
komet, meteor,
dan meteorite
-
Bumi
-
Lapisan Bumi
-
Gempa Bumi
-
Gunung
-
Lempeng
2.
Konsep:
-
Pengertian Jagat
Raya
-
Macam-macam
satuan ukuran jarak Jagat Raya
-
Bentuk-bentuk
anggota Jagat Raya
-
Sifat-sifat
anggota Jagat Raya
-
Pengertian
Tata Surya
-
Planet sebagai
anggota Tata Surya
-
Bulan sebagai
satelit bumi
-
komet, meteor,
dan meteorite sebagai anggota Tata Surya
-
Pembentukan
Bumi
-
Karakteristik
lapisan bumi
-
Bentuk muka
bumi
-
Persebaran
gunung api
3.
Prinsip:
-
Pandangan manusia mengenai Jagat Raya
-
Teori-teori mengenai terjadinya Tata
Surya
-
Matahari sebagai pusat Tata Surya
-
Perubahan pergerakan bulan terhadap bumi
-
Sejarah pembentukan Bumi
-
Perkembangan bentuk muka bumi
-
Teori tektonik lempeng
4.
Prosedur:
-
Proses terjadinya Jagat Raya
-
Menghitung satuan ukuran jarak di Jagat Raya
-
Proses terjadinya
anggota Jagat Raya
-
Proses terjadinya Tata Surya
-
Kronologis mengenai sejarah pembentukan
Bumi
-
Kronologis mengenai perkembangan bentuk
muka Bumi
-
Teori tektonik lempeng dan kaitannya
dengan persebaran gunung api dan gempa bumi
JAGAT RAYA
- Pengertian Jagat Raya
- Pandangan Manusia tentang Jagat Raya
- Satuan Jarak di Jagat Raya
-
Anggota Jagat Raya
Galaksi
§ Bentuk
Galaksi
§ Macam-macam
Galaksi
TATA SURYA
- Menjelaskan pengertian Tata Surya
- Mendeskripsikan proses terjadinya Tata
Surya
- Mendeskripsikan teori-teori mengenai
terjadinya Tata Surya
- Matahari Pusat Tata Surya
- Planet-planet
1. Pengertian planet
2. Hukum tentang planet
3. Klasifikasi planet
- Bulan Satelit Bumi
- Komet, Meteor dan Meteorit, serta Planetoid
dan Asteroid
PEMBENTUKAN MUKA BUMI DAN PERKEMBANGANNYA
- Sejarah Pembentukan Bumi
- Karakteristik Lapisan Bumi
- Perkembangan Bentuk Muka Bumi
- Teori Tektonik Lempeng
E. Metode Pembelajaran
1) Pendekatan
:
Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
MediaPembelajaran
Media :
Ø Worksheet atau lembar
kerja (siswa)
Ø lembar penilaian
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Ø Manusia dalam lingkungan: guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Alat/Bahan :
Ø Penggaris,
spidol, papan tulis
Ø Laptop
& infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
Ø Komputer.
G.
Sumber Belajar
Ø Buku
Geografi Siswa Kelas X, Kemendikbud, tahun 2013
Ø Pengalaman
peserta didik dan guru
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
|
Pertemuan
Ke-1 (3 x 45 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru
:
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Pengertian
dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
||
Pemberian
Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN
LITERASI
|
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak
di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar
kerja materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan
jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya,
Pandangan manusia mengenai Jagat Raya
dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat
raya untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya,
Pandangan manusia mengenai Jagat Raya
dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat
raya
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pengertian dan proses
terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian
materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan
jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya oleh
guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
|
||
|
Pengertian
dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya
|
||
|
|
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Pengertian
dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya
|
||
|
|
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN
LITERASI
|
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya,
Pandangan manusia mengenai Jagat Raya
dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat
raya yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang
disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan
jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya yang sedang
dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan
jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya yang
sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat
Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat
Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system
jagat raya yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan
jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya
|
||
→
|
Mengumpulkan
informasi
|
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya,
Pandangan manusia mengenai Jagat Raya
dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat
raya yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan
ulang
|
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan
jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya sesuai
dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling
tukar informasi tentang materi :
|
||
|
Pengertian
dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya
|
||
|
|
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
:
|
|||
→
|
Berdiskusi
tentang data dari Materi :
|
||
|
Pengertian
dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah
informasi dari materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya,
Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan
Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pengertian dan proses
terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Pengertian
dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya
|
||
|
|
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi
Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan
jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Pengertian
dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat
Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat
Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system
jagat raya dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya
atas presentasi tentang materi Pengertian
dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Pengertian
dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab
pertanyaan tentang materi Pengertian
dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada
siswa berkaitan dengan materi
Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan
jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya yang akan
selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Pengertian
dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan
: Selama pembelajaran Pengertian dan
proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta
didik :
|
|||
●
|
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat
Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat
Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system
jagat raya yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan
jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya yang baru
diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru
:
|
|||
●
|
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Pengertian dan proses
terjadinya Jagat Raya, Pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi
sebagi bagian dari system jagat raya
|
||
●
|
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan
jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
1. Teknik
Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan
perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh
instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
Soenarto
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS :
Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ :
Tanggun Jawab
• DS :
Disiplin
Catatan
:
1. Aspek
perilaku dinilai dengan kriteria:
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Cukup
25 =
Kurang
2. Skor
maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap
= jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai
/ predikat :
75,01 – 100,00 =
Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 =
Baik (B)
25,01 – 50,00 =
Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di
atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru
kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai
kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka
guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan
kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan
digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh
format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta
mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
|
250
|
62,50
|
C
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap
anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
|
50
|
|||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat
kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
50
|
|
|||
4
|
...
|
100
|
|
Catatan :
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap
= (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai
/ predikat :
75,01 – 100,00 =
Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 =
Baik (B)
25,01 – 50,00 =
Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di
atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik
untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru
telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan
juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya
:
Nama yang diamati :
...
Pengamat :
...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
|
450
|
90,00
|
SB
|
2
|
Memberikan solusi terhadap
permasalahan.
|
100
|
|
|||
3
|
Memaksakan pendapat sendiri
kepada anggota kelompok.
|
|
100
|
|||
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
|
|||
5
|
...
|
|
50
|
Catatan :
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan
untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap
= (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai
/ predikat :
75,01 – 100,00 =
Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 =
Baik (B)
25,01 – 50,00 =
Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal
(Lihat lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
-
Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek
Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
|||
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
|||
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
|||
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
|||
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
-
Penugasan (Lihat
Lampiran)
Tugas
Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta
didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa
mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah
dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada
instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan
pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian penggunaan tata
bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria
penilaian (skor)
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
Cara
mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor
maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
Keterangan :
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
-
Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik,
seperti catatan, PR, dll
Instrumen
Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
2. Instrumen
Penilaian (terlampir)
a.
Pertemuan
Pertama
b.
Pertemuan
Kedua
c.
Pertemuan
Ketiga
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang
belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan
soal tambahan misalnya sebagai berikut :
1)
Jelaskan
tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2)
Jelaskan
tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga
Pemerintah Non Kementerian!
3)
Jelaskan
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan
Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi
Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD /
Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan Remedial
|
Nilai Setelah Remedial
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat
agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1)
Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.
2)
Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3)
Membaca surat kabar, majalah, serta berita online tentang
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara
4)
Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan
sekitar.
……………,
Juli 2019
Mengetahui
Kepala MAN 2 Banggai Guru
Mata Pelajaran
H. Bustan Endre,S.Ag.MM Jumawati Habia,S.Pd
NIP.
Catatan Kepala Sekolah
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar