Sabtu, 12 Oktober 2019

Silabus Geografi Kelas 10 Ganjil dan Genap


SILABUS GEOGRAFI

SEKOLAH MENENGAH ATAS
Kelas X
Alokasiwaktu 3 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Inti:
·         KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·         KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1.    Memahamipengetahuandasargeografidanterapannyadalamkehidupansehari-hari
PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI
·         Ruang lingkup pengetahuan geografi.
·         Objek studi dan aspek geografi.
·         Konsep esensial  geografi dan contoh terapannya.
·         Prinsip geografi dan contoh terapannya.
·         Pendekatan geografi dan contoh terapannya.
·         Keterampilan geografi.


·      Mencari informasi tentang konsep, objek, dan ruang lingkup geografi melalui berbagai sumber/media
·      Menunjukkan objek dan aspek geografi pada peta yang memperlihatkan penerapankonsep dan prinsip geografi
·      Menganalisis hubungan antara suatu objek dengan objek lainnya di permukaan bumi
·      Mempresentasikan tulisan tentang ruang lingkup pengetahuandanketerampilangeografi yang dilengkapicontohdalamkehidupansehari-hari
4.1.    Menyajikancontohpenerapanpengetahuandasargeografipadakehidupansehari-haridalambentuktulisan
3.2.    Memahamidasar-dasarpemetaan, PengindraanJauh, danSistemInformasiGeografis (SIG)
PENGETAHUAN DASAR PEMETAAN
·        Dasar-dasar pemetaan, pengindraan jauh, dan sistem informasi geografis.
·        Jenispetadanpenggunaannya.
·        JeniscitraPengindraanJauhdaninterpretasicitra.
·        Teoripengolahan data dalamSistemInformasiGeografis (SIG).
·       Mengamatipeta, citrapengindraanjauh, danhasilSistemInformasiGeografisuntukmendapatkaninformasi geografis
·       Mendiskusikandanmembuatlaporantentanghasilinterpretasipeta, citra pengindraan jauh, dan Sistem Informasi Geografis
·       Praktikmembuatpetatematiktentangwilayahprovinsi di daerahnya
4.2.    Membuatpetatematikwilayahprovinsidan/atausalahsatupulau di Indonesia berdasarkanpetarupaBumi


3.3.    Memahamilangkah-langkahpenelitianilmugeografidenganmenggunakanpeta
LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN GEOGRAFI
·         Mengamatifenomenageografis.
·         Merumuskanpertanyaanpenelitiangeografi.
·         Mengumpulkansertamengolah data geografis.
·         Menganalisis data geografis.
·         Membuatlaporanpenelitian.
·      Melakukan penelitian geografi sederhana dengan langkah-langkah penelitianilmiahsesuaidengan temapenelitian yang ditentukanoleh guru dan/ataupesertadidik.
·      Menyajikan hasil laporan penelitian geografi sederhana dilengkapi peta, tabel, grafik, foto, dan/atau video.
4.3.    Menyajikanhasilobservasilapangandalambentukmakalah yang dilengkapidenganpeta, bagan, gambar, tabel, grafik, foto, dan/atau video
3.4.    Menganalisisdinamika planet Bumisebagairuangkehidupan
BUMI SEBAGAI RUANG KEHIDUPAN
·          Teori pembentukan planet Bumi.
·          Perkembangankehidupan di Bumi.
·          Dampak rotasi dan revolusi Bumiterhadapkehidupan di Bumi.

·      Mengamati proses pembentukan planet Bumimelaluiberbagaisumber/media
·      Berdiskusi tentang gerakdankedudukanMatahari, Bulan, danBumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan
·      MenyampaikanlaporanhasildiskusitentanggerakdankedudukanMatahari, Bulan, danBumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan dilengkapi peta,  gambar, tabel, grafik, foto, dan/atau video
4.4.    Menyajikankarakteristik planet Bumisebagairuangkehidupandenganmenggunakanpeta,  bagan, gambar, tabel, grafik, foto, dan/atau video
3.5.    Menganalisisdinamikalitosferdandampaknyaterhadapkehidupan
DINAMIKA LITOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN
·         Karakteristik lapisan-lapisanBumi.
·         Proses tektonisme dan pengaruhnyaterhadapkehidupan.
·         Proses vulkanisme dan pengaruhnyaterhadapkehidupan.
·         Proses seisme dan pengaruhnyaterhadapkehidupan.
·         Proses tenagaeksogen dan pengaruhnyaterhadapkehidupan.
·         Pembentukantanahdanpersebaranjenistanah.
·         Pemanfaatandankonservasitanah.
·         Lembaga-lembaga yang menyediakandanmemanfaatkan data geologi di Indonesia.
·      Mengamatigambar, peta, foto, dan/ataumenyaksikan tayangan video tentang dinamikalitosferdandampaknyaterhadapkehidupan
·      Mendiskusikan dan membuat laporan tentang dinamikalitosferdandampaknyaterhadapkehidupan
·      Mengenalimasalahdanmengajukansolusitentangdampakdinamikalitosferterhadapkehidupandilengkapipeta, gambar, tabel, grafik, video, dan/atauanimasi

4.5.    Menyajikanproses dinamikalitosferdenganmenggunakanpeta, bagan, gambar, tabel, grafik, video, dan/atauanimasi
3.6.    Menganalisisdinamikaatmosferdandampaknyaterhadapkehidupan
DINAMIKA ATMOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN
·        Karakteristiklapisan-lapisanatmosferBumi.
·        Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca.
·        Klasifikasitipeiklimdanpolaiklim global.
·        Karakteristikiklim di Indonesia danpengaruhnya terhadap aktivitasmanusia.
·        Pengaruh perubahan iklim globalterhadapkehidupan.
·        Lembaga-lembaga yang menyediakandanmemanfaatkan data cuacadaniklim di Indonesia.
·      Mengamatidinamikaatmosfierdandampaknyaterhadapkehidupanmelaluiberbagaisumber/media
·      Melakukankunjungankestasiunmeteorologi yang ada di lingkungan sekitar
·      Berdiskusitentang dinamikaatmosferdandampaknyaterhadapkehidupan
·      Menyampaikanlaporanhasildiskusitentangdinamikaatmosferdandampaknyaterhadapkehidupandilengkapipeta, gambar, tabel, grafik, video, dan/atauanimasi
·      Praktikmembuatpetapersebarancurahhujan di propinsisetempat
4.6.    Menyajikan proses dinamikaatmosfermenggunakanpeta, bagan, gambar, tabel, grafik, video, dan/atauanimasi
3.7.    Menganalisisdinamikahidrosferdandampaknyaterhadapkehidupan
DINAMIKA HIDROSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN
·       Siklus hidrologi.
·       Karakteristikdandinamikaperairanlaut.
·       Persebarandanpemanfaatan biota laut.
·       Pencemarandankonservasiperairanlaut.
·       Potensi, sebaran, dan pemanfaatanperairandarat.
·       Konservasi air tanahdan Daerah Aliran Sungai (DAS).
·       Lembaga-lembaga yang menyediakandanmemanfaatkan data hidrologi di Indonesia.
·      Mengamatigambar, foto, dan/ataumenyaksikan tayangan video tentang dinamikahidrosferdandampaknyaterhadapkehidupan
·      Melakukankunjungankelembaga yang terkaitdenganpengelolaansumberdaya air
·      Mendiskusikan dan membuat laporan tentang dinamikahidrosferdandampaknyaterhadapkehidupan
·      Menyampaikanlaporanhasildiskusitentangdinamikahidrosferdandampaknyaterhadapkehidupandilengkapipeta, gambar, tabel, grafik, video, dan/atauanimasi
·      Membuat model 3 dimensidaerahaliransungai (DAS)
4.7.    Menyajikan proses dinamikahidrosfermenggunakanpeta, bagan, gambar, tabel, grafik, video, dan/atauanimasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar